Pages

Subscribe:
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

7.22.2010

Hacker Bukan Cracker

Hacker Bukan Cracker

Lalu siapakah hacker itu ? Hacker adalah seseorang yang sudah ahli atau mahir seluk-beluk dunia komputer. Hacker mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan. Keahlian tersebut bermacam-macam ada yang ahli dalam bidang software, ada juga yang ahli dalam bidang hardware. Software sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Sebenarnya Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Dan internet ini ada juga merupakan sumbangsih dari hacker. Hacker memiliki etika dalam begerak dan bertindak. Jadi Hacker Bukan Cracker.

Lalu bagaimana dengan Cracker ? Cracker juga merupakan orang yang ahli dan mahir tentang seluk beluk dunia komputer. Namun cracker ini sangat berbeda dengan hacker, sekali lagi Hacker Bukan Cracker. Cracker sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat menyerang, biasanya di jaringan komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, merubah halaman muka web milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan.

Hacker Bukan Cracker

Jadi Hacker Bukan Cracker. Bisa dikatakan hacker adalah aliran putih yang bersifat baik sedangkan cracker adalah aliran hitam yang bersifat tidak baik atau merusak. Salah satu situs komunitas hacker adalah MuslimHackers.net dan saya juga sudah bergabung. Situs yang merupakan wadah saling berbagi pengetahuan tentang dunia Islam dan dunia IT serta tempat untuk belajar lebih mendalam tentang dunia Islam dan dunia IT.

Hacker sendiri memiliki tingkatan-tingkatan. Yang menjadi istimewa adalah dalam menentukan tingkatan ini bukanlah gelar pendidikan ataupun usia. Melainkan karena kemahirannya dalam dunia komputer. Dan berikut adalah tingkatan hacker dari yang tertinggi :
1. Elite
2. Semi Elite
3. Developed Kiddie
4. Script Kiddie, dan yang paling bawah
5. Lamer.
Hacker Bukan Cracker. Hacker memiliki etika dan tingkatan sedangkan Cracker tidak memiliki (menggunakan) etika dan tingkatan.
Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang dunia hacker dan IT (komputer). Anda bisa mengunjungi MuslimHackers.net dan bergabung dengan saya dan kawan-kawan semua.

1 Komentar:

  1. Terkadang salah persepsi Mas, oki perlu disosialisasikan lagih..btw salam kenal deh

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda

Popular Posts