Pages

Subscribe:
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

1.11.2011

Ketika Sang Istri Dikucilkan

boleh tya, bgmn jika suami melarang istri bekerja dan suami tdk pernah mengajak bicara si istri d rmh.. lingkungan rmh jga mengucilkan si kluarga.. lalu, solusi ap yg bs dilakukan istri spy tdk bosan & tetap brbakti pd suami ?

Pertama, Selama larangan dan atau perintah suami itu tidak berbenturan dengan syariat itu sah dan sang istri wajib melaksanakan. Namun apabila larangan dan atau perintah sang suami tidak sesuai dengan syariat maka sang istri pun boleh bahkan wajib menolaknya. Dan menolaknya pun harus dengan cara yang baik dan bijak agar tidak ada yang tersinggung atau tersakiti.

Kedua, Ketika sang suami jarang mengajak istri berbicara, maka sang istri yang memulai mengajaknya bebicara. Dan kewajiban sang istri untuk berintrospeksi diri "apakah ada yang kurang denganku sehingga suamiku jarang bebicara denganku ?" coba hal itu di tanyakan kepada sang suami. Sang istri harus memurahkan senyumnya kepada suaminya, menyambut suami dengan senyuman saat memasuki rumah dan mendoakan suami agar kembali dengan selamat dan membawa berkah. Ketika sang suami pulang dari kerja sambut dengan senyuman dan tawarkan minuman untuk melepas dahaganya "Mas... ini minuman untuk melepas sedikit lelah dan dahaga mas" seperti yang dilakukan istri Rosulullah ketika Rosulullah pulang dari berdakwah.

Bisa juga sang istri menuliskan pada kertas tentang  kelebihan dan kekurangan serta apa yang ia sukai dari suaminya. Begitupun sang suami juga menuliskan pada kertas tentang  kelebihan dan kekurangan serta apa yang ia sukai dari istrinya. Sang istri memiliki kebutuhan lahir batin, begitu pun sang suami. Kemudian keduanya berkumpul dan saling menukarkan pa yang sudah ditulis tadi. Keduanya berdiskusi untuk memenuhi kebutuhan lahir batin masing-masing agar mencapai keharmonisan rumah tangga dengan melihat hal-hal yang sudah di tulis tadi.

Ketiga, agar sang istri tidak bosan dirumah bisa melakukan berbagai kegiatan. Sang istri bisa bersih-bersih rumah, memasak untuk keluarga, mengaji, membaca untuk menambah pengetahuan dan lain sebagainya yang tidak bertentangan denga syariat. Kemudian jika sang istri ingin menambah pendapatan keluarga, sang isti bisa berjualan dari rumah dengan membuka toko, atau dengan membuka laundy dan lain sebagainya.

Terakhir, ketika lingkungan rumah mengucilkan keluarga maka yang sebaiknya dilakukan oleh keluarga itu adalah dengan bersikaap biasa saja, jangan menjauhi atau malah membuat diri sendiri merasa asing dilungkungan rumah. Hormati orang yang lebih tua dan sayangi orang yang lebih mudah. Ketika saling diam maka sebaiknya yang dikucilkan memulai pembicaraan. Mulai dengan pembicaran yang ringan dan tidak menyinggung. Jika yang mengucilkan menyambut dengan nda ketus atau sinis maka tetap bersikaplah biasa saja dengan hati sabar dan tetap senyum. InsAllah suatu saat nanti yang mengucilkan akan menghilangkan pengucilannya....amiin

Segala kelebihan datangnya dari Allah dan segala kekurangan datangnya dari diri saya. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan saya.

Wallahu A'lamu Bishowab

0 Komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda

Popular Posts